Aklamasi adalah proses adaptasi fisiologi suatu organisme yang terjadi secara artifisial (didalam laboratorium). Aklimasi awal umumnya terjadi selama 1-4 hari sedangkan aklimasi penuh berlangsung setelah > 10 hari.

Aklimatisasi adalah suatu tahapan kritis yang harus dilewati oleh suatu organisme. Tahapan ini disebut kritis karena kondisi iklim dilapang/habitat alaminya sangat berbeda dengan kondisi di laboratorium/secara in vitro, sehingga diperlukan penyesuaian.

Adaptasi adalah cara bagaimana suatu organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya akan mampu untuk melakukan beberapa hal yang dapat menunjang kelangsungan hidupnya antara lain : 1) memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan), 2) mengatasi kondisi fisik lingkungan seperti temperatur, cahaya dan panas, 3) mempertahankan hidup dari musuh alaminya, 4) bereproduksi, dan 5) merespon perubahan yang terjadi di sekitarnya. Organisme yang mampu beradaptasi akan bertahan hidup, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan menghadapi kepunahan atau kelangkaan jenis.

Pustaka :

Tanzil A. Metabolisme Energi. http://repository.ui.ac.id/contents/koleksi/11/7b62646553b161b29b

fd53102a5fda6bd96c6ebc.pdf [terhubung berkala] (03 Juni 2010).